Pemerintah Kotim Harus Buat Terobosan Berdayakan Tenaga Kerja Lokal

oleh -
DPRD Kotim Sebut Desa Sekitar Perkotaan Hampir Tidak Tersentuh
Ketua Komisi IV DPRD Kotim, M Kurniawan Anwar

Sampit | Realitas – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta membuat terobosan dengan menggandeng pihak swasta dalam pemberdayaan tenaga kerja lokal.

Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), M. Kurniawan Anwar menyarankan agar tenaga kerja lokal harus diberdayakan.

“Kami mendorong pemerintah daerah lebih serius dalam pemberdayaan tenaga kerja lokal di Kotim ini,” kata Kurniawan, Selasa, 17 Mei 2022.

BACA JUGA:   H Rudianur Sebut Wabah DBD Sangat Perlu dari Covid- 19

Kurniawan menerangkan upaya pengentasan pengangguran lebih ditingkatkan karena sangat erat kaitannya dengan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Banyaknya perusahaan besar swasta, khususnya di bidang perkebunan, pertambangan dan kehutanan di Kotawaringin Timur menjadi potensi besar dalam upaya pengentasan pengangguran dan kemiskinan.

Diperlukan keseriusan dan terobosan pemerintah daerah dalam menggandeng pihak swasta. Tujuannya yakni agar swasta memprioritaskan penyerapan dan memberdayakan tenaga kerja lokal.

BACA JUGA:   AKD DPRD Kotim Tidak Ada Kaitannya Secara Hukum

Politisi Partai Amanat Nasional menegaskan, Kotawaringin Timur sudah memiliki regulasi sebagai dasar hukum yaitu Peraturan Daerah Kotawaringin Timur Nomor 3 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal.

Menurutnya dengan banyaknya perusahaan yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, tentu itu sudah menjadi sumber untuk pemberdayaan tenaga kerja lokal.

BACA JUGA:   Soal Internal DPRD Kotim Harus Diselesaikan

Ia menekankan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk berperan aktif bersinergi dengan perusahaan yang ada di daerah ini untuk pemberdayaan tenaga kerja lokal.

Menurutnya, bisa saja antara pemerintah daerah dan perusahaan membuat nota kesepakatan dalam halpenyerapan tenaga kerja lokal dapat terserap. Perusahaan juga diminta serius dalam membina dan memberdayakan tenaga kerja lokal. (*)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.