KPU Diminta Lebih Teliti Dalam Pendataan

oleh -
KPU Diminta Lebih Teliti Dalam Pendataan
Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim, M Abadi.

Sampit | Realitas –┬áKomisi Pemilihan Umum (KPU) diminta lebih teliti dalam pendataan pemilih agar tidak ada yang kehilangan hak suara.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, M. Abadi, Jumat, 20 Mei 2022.

Termasuk kata dia kepada masyarakat di wilayah pelosok. Hal ini dalam rangka menghadapi konstelasi politik tahun 2024 mendatang agar hak pilih masyarakat tetap bisa terakomodir.

“Kita semua tahu bahwa masalah data pemilih ini sangat penting dan rawan menjadi permasalahan. Dulu ada terkait masalah tidak ada KTP. Ini harus menjadi perhatian serius,” kata Abadi.

BACA JUGA:   Pengawasan Pupuk Selama Ini Perlu Dipertanyakan

Pendataan pemilih diharapkan terus diperbaiki agar data yang dihasilkan lebih valid. Ini menjadi sangat penting karena 2024 nanti akan dilaksanakan pemilihan serentak yakni ada pemilu legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilu kepala daerah.

Ketua Fraksi PKB ini mendorong agar penduduk Kotawaringin Timur yang memenuhi syarat menjadi pemilih bisa mendapatkan hak pilihnya dengan baik.

BACA JUGA:   Juliansyah Tegaskan Perusahaan Perkebunan Harus Aktif Program CSR

“Jika ada kendala seperti masalah administrasi seperti KTP dan lainnya, maka tugas KPU bersama pemerintah untuk membantunya,” tegasnya.

Pendataan dan verifikasi pemilih juga menjadi tahapan yang sangat penting nantinya. Luasnya wilayah serta beratnya medan akan menjadi tantangan bagi KPU dan jajarannya dalam pendataan pemilih.

Abadi getol menyuarakan masalah ini karena daerah pemilihan 5 yang diwakilinya merupakan wilayah yang luas dan medan yang berat.

BACA JUGA:   M Abadi Desak Edy Mulyadi Segera Ditangkap

Wilayah yang berada di utara itu meliputi enam kecamatan yaitu Parenggean, Antang Kalang, Mentaya Hulu, Telaga Antang, Tualan Hulu dan Bukit Santuai.

“Warga yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau sekalipun, mempunyai hak untuk menggunakan hak pilihnya. KPU wajib mendata pemilih di manapun mereka tinggal di wilayah ini,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.